You are currently viewing Basic Accounting : Menyusun Laporan Keuangan Sederhana

Basic Accounting : Menyusun Laporan Keuangan Sederhana

Ketika akan mengikuti sebuah pelatihan pajak dan akuntansi, maka Anda juga dapat belajar mengenai basic accounting bagi seorang pemula. Seperti sudah diketahui bahwa laporan keuangan ternyata mempunyai peran yang cukup penting di dalam kegiatan operasional usaha.
Itulah sebabnya, Anda juga harus memahami bagaimana cara membuat laporan keuangan tersebut secara sederhana. Tidak hanya bagi pemilik usaha besar saja, tetapi usaha kecil juga wajib menyertakan adanya laporan keuangan di dalamnya.

Pelatihan Pajak: Cara Menyusun Laporan Keuangan Sederhana

Walaupun keberadaan dari pelatihan pajak mempunyai peran cukup penting, tetapi pastikan Anda mengetahui dahulu bagaimana cara menyusun laporan keuangan.
Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan laporan keuangan ternyata memegang peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Sebab nantinya akan berpengaruh terhadap proses administrasi sekaligus memberikan kemudahan pada proses pengelolaan keuangan.

Baca Juga : 5 Tips Efektif Memberikan Pelatihan Pajak di Perusahaan Anda 

Jika Anda ingin memulai menyusun keuangan, maka dapat dimulai dengan melakukan penyusunan secara sederhana terlebih dahulu. Walaupun sederhana, namun harus dibuat dengan cukup hati-hati dan tidak boleh sembarangan.
Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penyusunan laporan keuangan dengan sederhana:

Membuat Buku Untuk Pengeluaran

Cara sederhana dalam membuat laporan keuangan pertama adalah dengan membuat buku khusus pengeluaran. Sekecil apapun pengeluaran yang terjadi dalam bisnis ternyata juga wajib untuk dimasukkan ke dalam pengeluaran.
Akan lebih bagus jika catatan pengeluaran tersebut sudah ada sebelum usaha berjalan. Fungsinya adalah agar memberikan kemudahan dalam menyeimbangkan kas di akhir periode nantinya.

Buku Khusus Pemasukan

Setelah membuat buku khusus pengeluaran, Anda juga perlu untuk membuat buku khusus pemasukan juga. Hal inipun juga akan membantu dalam mengawasi keseimbangan usaha yang sedang berjalan tersebut.
Keberadaan dari buku khusus pemasukan sangat berguna di akhir bulan, akhir tahun maupun akhir kuartal perusahaan.

Buku Catatan Stok

Bagi para pelaku usaha, sangat penting juga agar membuat buku catatan stok juga. Yakni berguna untuk mencatat dan mengawasi keluar masuknya dari barang-barang di perusahaan. Jangan khawatir! Karena untuk mencatat stok sangat mudah dan simple.

Inventaris Perusahaan

Selain itu, cara membuat laporan keuangan sederhana lainnya adalah membuat buku inventaris dari perusahaan. Buku-buku tersebut biasanya akan berisi catatan dari semau barang yang dimiliki oleh perusahaan. Baik itu barang yang sudah dibeli sendiri ataupun hibah dari pihak lain.

Membuat Rangkuman Mengenai Catatan Kas Utama

Terakhir, Anda juga perlu untuk membuat rangkuman mengenai catatan kas utama juga. Keberadaan buku tersebut sangat penting karena mampu memberikan data dan digunakan sebagai dasar laporan keuangan.
Sebagai seorang pemula, maka bisa memulai proses laporan keuangan dengan cara sederhana terlebih dahulu. Kendati demikian, perlu juga teliti dalam membuatnya agar tidak sampai salah.
Jika Anda masih bingung dalam membuat laporan keuangan, silahkan kunjungi situs odito.co.id sekarang juga. Ini merupakan pelatihan pajak dan akuntansi yang akan memberikan informasi lengkap dan krusial.

This Post Has One Comment

Comments are closed.